Jumat, 06 April 2012

"SUDAH SELESAI"


Khotbah dalam Ibadah Peringatan Kematian Tuhan Yesus
di GAA Jemaat Rama Makassar
Oleh : Ev.Maruli Marpaung,M.Th

     “ Sudah Selesai” merupakan salah satu dari tujuh Perkataan Tuhan Yesus di Kayu salib. Perkataan yang memiliki makna yang luar biasa bagi orang yang mempercayaiNya.  Pada saat memperingati hari Kematian Tuhan Yesus, saat untuk merenungkan kembali makna kematian Tuhan Yesus. Jadi bukan hanya sekedar perayaan rutinitas yang dilakukan setiap Tahun. Perkataan Tuhan Yesus “ Sudah selesai “ menunjukkan ada 3 hal yang diselesaikan oleh Tuhan Yesus melalui peristiwa PenyalibanNya di bukit Golgota, yaitu:
        Pertama, Penyelesaian Seluruh kehendak Allah dengan sempurna. Kematian di Kayu salib merupakan puncak dari seluruh kehendak Allah yang dilakukan oleh Tuhan Yesus Kristus. Pada saat Tuhan Yesus memulai pelayananNya, saat hendak dibabtis di sungai Yordan oleh Yohanes Pembabtis, dalam Matius 3:15 Ia berkata, “Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanespun menuruti-Nya.” Jadi kedatanganNya ke dunia ini  merupakan bagian dari Kehendak Allah bagi dunia ini, dimana Kehendak Allah tersebut adalah supaya setiap orang dapat memperoleh Hidup yang kekal dan akan mengalami kebangkitan pada akhir zaman seperti yang dikatakan dalam Yohanes 6:38-40.  Dalam rangka mewujudkan kehendak Allah tersebut, Tuhan Yesus mengatakan dalam Yohanes 4;34, “Kata Yesus kepada mereka: "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.”   Dari ayat ini dapat dilihat komitmen Tuhan Yesus dalam menjalankan Kehendak Allah tersebut, Ia memposisikan hal itu menjadi yang utama dalam kehidupannya, Ibarat makanan yang merupakan kebutuhan primer manusia.
        Kedua, Penyelesaian Kepatuhan yang sempurna, Dalam proses  kematianNya, Tuhan Yesus dihina, dicela, difitnah. Namun Ia tidak pernah melawan. Ibarat domba yang siap untuk masuk dalam pembantaian, begitu pula Tuhan Yesus Kristus. Ia menahan emosinya dan bahkan tidak mempergunakan kuasaNya untuk bisa lepas dari penderitaan yang dialaminya. KepatuhanNya dalam menjalankan kehendak Allah berjalan dengan sempurna. Semuanya demi menjalankan karya penyelamatan umat manusia.
         Ketiga, Penyelesaian Penyelamatan dengan sempurna, Pengorbanan Tuhan Yesus dikayu salib memberikan keselamatan bagi semua yang yang percaya kepadaNya. Keselamatan yang diberikan adalah sempurna karena Tuhan Yesus sendiri telah membayarNya dengan darah yang sangat mahal. Dalam I Petrus 1:18-19 dikatakan, “  Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat “Rasul Paulus juga berkata dalam I Korintus 6:20. “Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!” Jadi keselamatan yang kita terima bukan tergantung dari apa yang kita sudah buat untuk Tuhan, kita hanya bisa menerima dengan sukacita keselamatan itu, karena itu adalah Hadiah yang diberikan kepada kita. Karena begitu besar Kasih Allah bagi kita, sesuatu yang tak mampu kita lakukan dan bayar, Ia berikan dengan cuma-Cuma sebagai hadiah bagi kita. Hadiah hidup kekal di surga merupakan hadiah terbesar yang disediakan Tuhan Yesus bagi kita. Sudahkah kita menerima Hidup kekal itu?
          Jadi kita yang merayakan Hari Kematian Tuhan Yesus.. Jangan sampai kematian Tuhan Yesus  menjadi tidak sempurna karena kita berusaha menambah-nambahinya dengan segala bentuk upacara dan perbuatan kita. Terimalah Keselamatan itu..Buka Hati kita dan undang Dia sebagai Tuhan Dan Juruselamat secara Pribadi. Dalam Roma 10:9-10 dikatakan, “Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.”
           Dengan demikian kita semua menjadi orang-orang yang telah ditebus, orang-orang yang telah memiliki jaminan Hidup kekal di surga. Karena sesuatu yang terbesar dan termulia telah Tuhan Kerjakan dalam peristiwa salib yang sedang kita Rayakan saat ini. Terpujilah Nama Tuhan Yesus Kristus.!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar