Minggu, 27 Januari 2013

Fokus Pada Tujuan

   "...dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus" ( Filipi 3:14)

       Kehidupan rohani kita ini ibarat kita ada dalam perjalanan. Dalam perjalanan kita akan melewati jalan yang berbelok-belok, juga akan menghadapi persimpangan dan kita harus mengambil keputusan untuk berbelok kemana sesuai dengan tujuan kita. Saat kita tidak fokus dalam belokan dan persimpangan maka kita akan masuk pada jalan yang salah, dan akhirnya kita tidak akan sampai pada tujuan kita. Kalau ditanya kepada kita masing-masing, sudah pasti kita semua rindu untuk dapat mencapai semua apa yang kita rindukan. Baik itu kerinduan secara jasmani maupun rohani. Dalam perjuangan untuk mencapai itu kita berjuang melalui pendidikan, dan memperlengkapi diri dengan segala kemampuan yang ada.
    Firman Tuhan ini memberikan kita nasehat untuk tetap fokus kepada tujuan kita  yaitu panggilan surgawi dari Allah dalam Kristus Yesus. Kita adalah orang yang telah ditebus dan telah menerima hadiah hidup kekal yang telah disiapkan oleh Allah di surga. Jadi Allah mau kita untuk tetap bertumbuh dengan tetap fokus pada panggilan kita. Berikut ini adalah hal-hal yang kita dapatkan saat kita belajar untuk fokus terhadap panggilan kita di dalam Tuhan.
   Pertama, Saat kita fokus pada tujuan maka laju pertumbuhan rohani kita semakin meningkat. Karena dengan belajar fokus maka kita tidak akan tergoda dengan godaan iblis yang selalu  membuat kita keluar dari kebenaran.Sebaliknya saat kita tidak fokus dimana dalam perjalanan rohani kita selalu mendengar tawaran-tawaran yang mungkin indah bagi mata, enak kedengarannya dan mungkin memberikan janji yang nyata, padahal itu merupakan cara iblis untuk kita tidak fokus pada panggilan kita.
   Kedua, saat kita fokus pada tujuan maka kita belajar untuk Mendisiplikan diri dalam Tuhan. Saat ini punya tujuan maka kita berusaha untuk menyesuaikan keadaan kita sesuai dengan tuntutan yang kita tuju. Sebagai anak Tuhan, Tuhan mau kita untuk hari demi hari semakin diperbaharui. dengan demikian kita sudah pasti belajar untuk mendisplinkan diri, belajar menahan segala sesuatu yang mungkin selama ini hanya menyenangkan hak duniawi kita saja. 
   Ketiga, Saat kita fokus pada tujuan maka kita siap untuk mengalami perubahan yang mengarah pada kebaikan di dalam Tuhan.  Perubahan hati, perubahan motivasi dan perubahan tingkah laku merupakan perubahan yang mengarah pada kebaikan di dalam Tuhan. Tujuan yang kita capai di dalam Tuhan mendorong kita untuk tidak tetap ada pada zona yang aman, kita terus-menerus diubahkan menuju pada kesempurnaan yang Allah rindukan dalam kehidupan kita.
   Mari kita berlari-lari  pada Tujuan kita secara rohani. Menjadi berkat dimanapun kita berada karena kita ini adlaah orang-orang yang sudah diberkati. Jangan menikmati berkat itu sendirian, biarlah berkat itu kita sharingkan kepada orang lain melalui kehidupan kita.

Oleh: MAruli Marpaung,M.Th.,M.PdK
   
    

1 komentar:

  1. Amin....untuk renungannya. Sungguh indah ketika kita hidup di dalam Tuhan. setiap detik dalam perjalanan hidup ini bisa dilalui hanya karena pertolongan-Nya, IA yang menuntun sehingga kita tdk salah memilih jalan untuk mencapai tujuan....

    BalasHapus